MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA TEKA TEKI SILANG DAN PUZZLE

Proses pembelajaran menurut Max Darsono (2001) secara umum merupakan suatu kegiatan yang mengakibatkan terjadi perubahan tingkah laku, maka pengertian pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru sedemikian rupa, sehingga tingkah laku siswa berubah ke arah yang lebih baik. Dalam pencapaian perubahan tingkah laku diperlukan suatu alat pendidikan ataupun media pembelajaran. Dengan bantuan media dapat diajarkan cara-cara mencari informasi baru, menyeleksinya dan kemudian mengolahnya, sehingga terdapat jawaban terhadap suatu pertanyaan.
Sekarang ini pembelajaran di sekolah pada umumnya maupun pembelajaran fisika pada khususnya masih menggunakan pembelajaran tradisional (konvensional) yang mengandalkan metode ceramah di depan kelas. Sesuai pengamatan penulis, guru mata pelajaran fisika belum pernah menggunakan permainan dalam pembelajarannya. Maka Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan adanya suatu variasi dalam metode pembelajaran. Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran kooperatif TGT (Team Games Tournament). TGT merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5-6 orang peserta didik yang memiliki kemampuan, jenis kelamin dan suku/ras yang berbeda.
Pada pelaksanaanya TGT dibagi menjadi 5 komponen yaitu presentasi kelas (penyampaian materi), tim,game atau permainan, turnamen atau pertandingan dan penghargaan tim. Belajar sambil bermain tidak selalu berakibat buruk pada prestasi belajar siswa. Karena dengan penggunaan metode ini melibatkan siswa aktif dalam belajar dan bermain bersama kelompoknya, sehingga memberikan kontribusi pada peningkatan motivasi belajar. Permainan yang digunakan dalam turnamen/pertandingan ini adalah teka teki silang dan puzzle.
Teka-teki silang atau disingkat TTS adalah suatu permainan di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak putih) dengan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan. Petunjuknya biasa dibagi ke dalam kategori ‘mendatar’ dan ‘menurun’ tergantung arah kata-kata yang harus diisi. Puzzle merupakan permainan merangkai keping-keping gambar menjadi satu kesatuan utuh yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan. Kepuasan yang didapat setelah menyelesaikan permainan puzzle adalah salah satu pembangkit motivasi untuk mencoba hal-hal yang baru bagi dirinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s